Kam. Jun 30th, 2022

Kegiatan penguatan Soft skill di lembaga kursus terbaik di kediri adalah salah satu hal penting yang harus dikembangkan di dalam kehidupan ataupun dalam dunia kerja.

Walaupun di sekolah atau universitas kamu berhasil mendapatkan nilai tinggi, jika tidak berhasil mengasah kemampuan ini dengan baik, kamu berpotensi mengalami kesulitan.

Dilansir dari The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.

Soft skill sangat berbeda dengan hard skill. Kemampuan ini lebih cenderung kepada keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial, dan lain-lain.

Keahlian ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain di dalam dunia kerja.

Tidak seperti hard skill yang dipelajari dan dilatih, kemampuan ini lebih mengarah kepada emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain.

Lembaga Kursus Terbaik di Kediri, Terra Computer Sytem Kediri memberikan bekal tidak hanya hardskill tetapi juga softskill untuk menyiapkan kandidat terbaik di dunia kerja dan industri

Contoh Soft Skill Adalah

Pada dasarnya, soft skill adalah pelengkap dari hard skill. Tanpa kemampuan ini, seseorang akan kesulitan beradaptasi di lingkungan baru, khususnya lingkungan pekerjaan. Berikut ini terdapat contoh soft skill adalah yang wajib dimiliki untuk mendukung kariermu.

1. Komunikasi

Pertama, contoh soft skill adalah komunikasi. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap bidang pekerjaan, komunikasi menjadi soft skill yang sangat penting untuk dimiliki. Sebab, kemampuan berkomunikasi secara efektif dapat membantu meningkatkan hubungan baik dengan orang lain. Contoh soft skill komunikasi yang perlu kamu miliki adalah, keterampilan komunikasi non verbal, mendengarkan secara aktif, rasa empati, hingga negosiasi.

2. Adaptasi

Walau terdengar sepele, soft skill kedua yang perlu dimiliki adalah adaptasi, terutama jika kamu bekerja di perusahaan yang sangat dinamis. Untuk mendukung proses adaptasimu di lingkungan kerja yang baru, penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, juga fleksibilitas.

3. Public speaking

Ketiga, contoh soft skill adalah public speaking. Walau sulit untuk sebagian orang, nyatanya kemampuan ini dapat membantumu meraih kesuksesan dalam pekerjaan. Kemampuan public speaking sangat dibutuhkan saat melakukan presentasi di depan rekan kerja, client, dan lain-lain.

4. Time management

Berikutnya, contoh soft skill adalah time management. Kemampuan ini dapat mendukung seseorang untuk menggunakan waktu yang dimiliki secara efektif dan produktif. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu tentu dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan sempurna.

5. Decision making

Baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun saat bekerja, kamu tentu tidak bisa terus-menerus mengandalkan orang lain. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan decision making atau pengambilan keputusan secara tepat, terutama jika kamu adalah seorang manajer atau menempati posisi lain yang tidak kalah penting dan wajib bertanggung jawab untuk setiap keputusan yang diambil.

6. Problem solving dan critical thinking

Selanjutnya, contoh soft skill adalah problem solving dan critical thinking. Tidak diragukan lagi, perusahaan tempatmu bekerja pasti sangat menghargai jika kamu memiliki kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. Sebab, kemampuan ini berkaitan dengan keterampilan berpikir logis, menganalisis, kreatif, dan rasa ingin tahu yang tinggi.

7. Conflict resolution

Contoh kemampuan interpersonal yang berkaitan dengan soft skill adalah menyelesaikan masalah atau conflict resolution. Kemampuan Ini sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di lingkungan kerja agar dapat mencapai kesepakatan bersama. Kemampuan conflict resolution tentu juga kan membantumu dalam berkolaborasi atau bekerja sama dengan baik.

8. Kepemimpinan

Berikutnya, contoh soft skill adalah kepemimpinan. Well, bukan berarti kamu harus menjadi seorang manajer atau pemimpin perusahaan, tetapi kamu perlu memiliki kemampuan leadership untuk mengambil keputusan, mentoring, serta manajemen proyek.

9. Etika kerja

Tidak hanya kepemimpinan atau leadership, soft skill yang tidak kalah penting untuk dimiliki adalah etika kerja. Kemampuan ini berguna untuk membangun hubungan yang positif dengan rekan kerja. Kemampuan ini juga dapat menunjukkan cara yang kamu miliki dalam bekerja sama sebagai sebuah tim.

10. Networking

Terakhir, contoh soft skill adalah networking. Memiliki networking yang luas nyatanya sangat berguna dalam mengembangkan kariermu. Sebab, semakin besar dan luas networking yang dimiliki, semakin banyak peluang atau kesempatan bisa kamu dapatkan

Baik sampai disini dulu artikel tentang Kegiatan penguatan Soft skill di lembaga kursus terbaik di kediri semoga menjadi inspirasi dan bahan pertimbangan kalian semua dalam memulai karir terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.